Menjalani Gaya Hidup Vegan

Akhir-akhir ini adalah musim pancaroba. Jika tubuh tak terlalu kebal maka bisa diketahui akibatnya. Badan lemas dan terserang yang namanya FLU…. Waspadalah….

Tapi, menjaga kesehatan tidak hanya saat-saat pancaroba saja.. tiap hari haruslah dijaga. Cara menjaga kesehatan tidak hanya dengan mengonsumsi vitamin. Kebiasaan sehari-hari juga tidak kalah penting dalam penyumbang penyakit terbesar. Gaya hidup vegan akan jauh lebih baik dari gaya hidup yang serba mahal. Berikut ini beberapa makanan, minuman dan produk pemakaian sehat dan hijau :

1. Jangan membeli sesuatu yang terkait atau berasal dari hasil pembunuhan atau penyiksaan makhluk hidup.

2. Pilihlah makanan, minuman, produk untuk pemakaian yang murni mengandung unsur bahan nabati dan terbebas dari unsur hewani atau kimiawi. Makanan termasuk kudapan (snack), kue, roti, makanan ringan lainnya, pastikan kandungannya bebas dari unsur hewani. Minuman yang perlu dihindari termasuk minuman yang mengandung susu dan alkohol. Produk pemakaian seperti sepatu, dompet, tali ban, kosmetik, dan lain-lain tidak terbuat dari kulit hewani atau mengandung unsur hewani lainnya. Keputusan paling utama sebelum membeli sesuatu adalah membaca kandungan bahan yang tercantum di artikel atau bertanya. Apabila ragu, sebaiknya cari alternatif lainnya.

3. Konsumsi bahan makanan yang segar, hindari makanan yang sudah diolah seperti makanan dalam kalengan atau makanan yang sudah diawetkan.

4. Belilah produk dari hasil pertanian dan perkebunan setempat atau produksi lokal. Untuk makanan dari hasil pertanian dan perkebunan, ataupun produk pemakaian seperti kosmetik, carilah yang berunsur organik atau hydroponik.

5. Lakukan segala cara untuk memakai ulang botol kemasan, dan wadah penyimpanan lainnya.

6. Belilah dalam kemasan yang besar, atau isi ulang. Selain jauh lebih murah juga menghindari pembuangan kemasan yang tidak perlu dan hanya memperburuk tumpukan sampah non-organik.

7. Jangan memakan makanan siap saji (fast food) yang menggunakan piring, sendok makan sekali pakai. Karena tidak baik bagi kesehatan kita.

8. Bawalah botol minuman sendiri, hindari membeli minuman dalam kemasan botol, apabila tidak mendesak sekali.

9. Perbanyak masak di rumah atau bawa makanan ke kantor. Karena itu akan lebih menjamin kebersihan dan gizi makanan.

Silahkan dicoba, semoga hari-hari kita semakin lebih baik. SEHAT adalah harta yang paling berharga dan terpenting. Tanpa sehat? Hari-hari tak berarti dan bagai orang tak berguna. Cintailah hidup sehat! Tubuh jadi KUAT :-)

0 komentar:

Posting Komentar